Bunga-Bunga Musim Semi di Halaman 2018

April 21, 2018
Ini ceritanya masih tentang bunga musim semi. Di halaman rumah, saya sudah tanam beberapa bibit bunga musim semi sejak memasuki musim dingin tahun lalu. Ada bibit bunga tulip (eh tulip lagi), bibit bunga Narcissus,  Alium dan Bibit bunga Fitrillaria.



Tiga tahun lalu saya pernah menanam beberapa jenis bibit bunga tulip. Di musim semi berikutnya semua tumbuh dan bermekaran dengan indah. Tapi sayangnya setelah kelopak bunganya rontok, saya langsung potong sampai ke dasar. Apa yang terjadi pada musim semi berikutnya? Satu umbi bibit bunga tulip pun tidak ada yang muncul dan tumbuh lagi. Saya heran dong. Setelah nanya ke mertua cewek yang dia juga hobi berkebun, dia bilang kalau tulip atau Narcissus setelah kelopak bunga rontok, jangan langsung dipotong sampai dasar. Potong saja batang pangkal bunga, sedangkan daun yang masih hijau dibiarkan. 
Hal ini karena bunga tulip masih memerlukan daun untuk berfotosintesis dan menguatkan umbi untuk musim semi berikutnya. Sedangkan bunga sudah rontok tetapi tidak dipotong batang pangkal bunga setelahnya akan menyerap energi dan menganggu perkembangan umbi.

Nova Gerber
Bunga tulip 3 tahun lalu yang sayang 2 jenis diantaranya tidak lagi tumbuh
Dihalaman depan dan samping,  saya tanam juga beberapa bunga tulip yang yang sudah 2 tahun muncul terus di musim semi berikutnya. Saya singkirkan daun dan batangnya jika sudah berwarna kekuningan atau sudah kering. Menjelang musim dingin saya rapikan kemudian saya tutup dengan dedaunan kering yang jatuh pada musim gugur. Daun ini saya kumpulkan dari beberapa pohon disekitar halaman rumah. Fungsi daun ini menutupi tanah dari beku dimusim dingin terutama jika suhu minus derajat celcius. Keuntungan lainnya daun yang kering ini akan membusuk dan menjadi humus di saat musim semi tiba. Jadi saya lebih hemat dong tidak perlu memberi pupuk ataupun humus lagi hehehe.
Bunga Tulip didepan halaman rumah
Bunga Tulip yang tiap tahun muncul
Bunga tulip yang awalnya berwarna putih sedikit pink dan semakin lama berwarna lila gelap

Ada juga bunga tulip yang baru saya tanam dimusim gugur tahun lalu. Halaman dekat pintu garasi pada awalnya cuma ditumbuhi pohon cemara dan semak yang tidak terawat. Akhirnya musim gugur tahun lalu saya bilang kesuami supaya membantu saya sedikit merapikan agar bisa ditanam beberapa bunga. Setelah sedikit rapi, saya tanam beberapa bibit bunga tulip dan umbi jenis bunga yang lainnya. Awalnya saya agak pesimis, takutnya tidak cukup cahaya matahari karena disampingnya ada pohon cemara yang agak besar. Ternyata tidak loh, musim semi tahun ini muncul beberapa bunga tulip yang sedikit mempercantik halaman yang tadinya tidak terawat hehehe... Panjang ya ceritanya, next time sambung lagi dengan bunga jenis lainnya seperti Geranium dan lainnya.





No comments:

Powered by Blogger.