Awal Musim Semi 2019

February 27, 2019
Musim semi bisa juga diartikan musim menanam sudah dimulai. Selain itu musim semi merupakan musim favorit saya. Siang hari rasanya mulai hangat walau malam hari suhu kadang-kadang masih 0 derajat celcius. Tetapi dibandingkan dengan musim dingin, saya jauh lebih suka musim semi.

Saya tidak begitu menyukai musim dingin. Rasanya hari-hari musim dingin (winter) sangat membosankan. Tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan diluar. Selain itu, siang hari rasanya pendek banget. Jam 8 pagi matahari baru berangsur-angsur muncul, jam 5 sore sudah tenggelam lagi. Belum lagi turun salju dan dingin yang tidak berkesudahan. Semua kegiatan ya kebanyakan dilakukan didalam rumah, ditempat kerja atau sekolah. Kecuali bagi mereka yang menyukai olah raga musim dingin seperti ski dll. Musim dingin merupakan musim yang mereka nantikan.

Seminggu ini cuaca rasanya berpihak, matahari bersinar dari pagi sampai sore. Hari-hari rasanya mulai panjang. Tetangga sudah mulai terlihat melakukan kegiatan diluar. Ntah itu menanam bibit bunga baru atau hanya duduk diteras menikmati sinar matahari samnil ditemani secangkir kopi. Tidak seperti musim dingin yang jarang terlihat. Saya, suami dan sikecil juga mulai melakukan kegiatan diluar. Apalagi sikecil girangnya bukan main, langsung mengambil bobby Car dan bermain diluar. Mungkin karena sepanjang musim dingin merasa bosan menghabiskan waktu didalam ruangan kali ya.

Saya juga tidak ketinggalan, langsung mengecek halaman sekitar. Melihat tunas-tunas dan bunga-bunga apa saja yang sudah muncul. Beberapa tunas bunga tulip sudah mulai muncul dari tanah. Beberapa bunga awal musim semi bahkan sudah berkembang seperti crocus dan snowdrop.

Bunga Crocus adalah jenis bunga yang memiliki umbi dan ukurannya kecil sama seperti bunga snowdrop (Schneeglöckchen dalam bahasa jerman). Bunga ini akan mekar ketika musim dingin akan segera berakhir dan musim semi akan segera dimulai. Bunga Crocus dan snowdrop bahkan bisa tumbuh diantara rerumputan. Saya bahkan tidak pernah menanam bunga ini secara langsung. Mungkin penghuni sebelumnya yang sudah menanamnya. Bunga ini tumbuh secara terus menerus setiap tahunnya menambah indahnya musim semi.

Bunga Crocus tumbuh diantara rerumputan. Cakep ya

Bunga Snowdrop (Schneeglöckchen )



Awal musim semi, saya juga suka melihat brosur-brosur dari berbagai market tanaman di Jerman. Berhubung ditempat saya begitu banyak supermarket yang menjual tanaman musim semi yang semua hampir sama tetapi dengan harga yang berbeda, saya suka membandingkan satu sama lain. Kalau bisa membeli tanaman yang sama dengan harga lebih murah kenapa tidak, kan lebih menghemat. Kadang juga ada beberapa tanaman yang ada diskonnya, biasanya saya langsung khilaf hahaha...

Saya selalu mengajak suami kalau ingin melihat bibit-bibit tanaman baru. Selain memberi pendapat, dia juga membantu mendorong troli belanjaan selagi saya sibuk melihat-lihat tanaman baru hahaha... Awal minggu ini tampaknya belum banyak pilihan tanaman musim semi di supermarket tanaman. Saya hanya membeli bibit bunga dahlia, gladiol, 3 karung kecil humus, bunga primula (Primeln dalam bahasa jerman) dan cetakan untuk tempat bibit baru. Kurang tau apa namanya. 

Segini dulu ya ceritanya, kita lanjut lagi nanti. Intinya i love spring (ich liebe Frühling)

Hasil belanja pertama di awal musim semi













No comments:

Powered by Blogger.